Monday, May 27, 2013

Suhu AC

Untuk yang tinggal di daerah yang berhawa panas, seperti di Jakarta dan sekitarnya, rasanya wajar, ya, kalo rumah-rumahnya pakai AC.

Rumah saya juga pakai AC, tapi hanya di kamar. Itupun baru boleh nyala setelah maghrib sampai subuh. Gak semata-mata supaya irit listrik, tapi kalau siang hari di rumah masih terasa cukup adem. Apalagi di kamar. Kalaupun gerah, pakai kipas angin udah cukup banget, kok. Baru kalau malem, gak berani pakai kipas angin. :D

Walopun pakai AC, tapi buat kami yang penting sejuk. Artinya gak perlu, lah, sampe menggigil kedinginan. Yang penting gak kegerahan di kamar, tapi gak perlu juga tidur sampe pakai selimut segala. Makanya suhu AC di rumah selalu kami pasang 27 derajat, kalopun sampe 24 derajat itu artinya  udah harus panggil tukang service AC untuk dibersihkan.

Beberapa bulan lalu, kami sekeluarga mau jalan-jalan. Lupa mau ke mana, tapi yang saya inget orang tua saya berencana mau manggil tukang service AC buat di kamar mereka. Katanya, sih, adek saya rekomendasiin tukang AC bagus yang jadi langganannya.

Kami sebetulnya udah punya tukang service AC langganan sendiri. Tapi karena tau orang tua mau manggil tukang service AC, kami pikir gak ada salahnya, deh, nebeng. Eits biar kata nebeng, tapi tetep aja bayar masing-masing hehehe. Kebetulan AC kamar juga udah  waktunya dibersihin :D

Pas pulang dari jalan-jalan, nyalain AC kamar, kok, dingin banget! Awalnya, sih, sempet mikir mungkin karena baru dibersihin. Tapi, kok, ini dinginnya minta ampun. Biasanya walopun baru dibersihin, gak pernah sampe kayak gini dinginnya.

Besoknya papah cerita katanya sama tukang service, AC kami di utak-atik. Bilangnya ada yang rusak. Saya agak gak sreg, ya. Kan, pesennya cuma minta dibersihin aja, lagian kayaknya selama ini gak merasa AC di kamar bermasalah. Tapi, ya, sudahlah, mau protes juga gak enak.

Udah beberapa bulan berlalu, AC kamar masih dingin banget. Malah sejak diutak-atik, saya selalu menyetel ke suhu 30 derajat. Jangan-jangan otak-atiknya salah, nih. Masa' suhu 30 derajat sampe berasa dingin banget?

Suhu AC yang terlalu dingin gak terlalu nyaman sebetulnya. Karena sekarang tiap malam, "kostum" saya untuk tidur adalah t-shirt, jaket/sweater, celana panjang, kaos kaki, dan selimut tebal. Itu aja masih berasa dinginnya. Apalagi kalo selimutnya bergeser, suka langsung bangun karena kedinginan. Dan seringkali, AC sudah dimatikan sekitar pukul 3 dinihari kalo bener-bener gak kuat sama dinginnya.

Padahal dulu, cukup 1 stel pakaian tidur (t-shirt sama celana pendek) tanpa selimut udah bikin nyenyak tidur. Gak tau, deh, ah diapain ACnya sama tukang service. Positifnya, sih, saya jadi jarang begadang hehehe. Biasanya kalau belom pukul 1, masih asik melek. Sekarang paling mentok pukul 12 (seringnay di bawah itu), udah tidur. Bukan karena ngantuk berat, tapi gak kuat juga sama dinginnya. Pengen langsung dibungkus sama selimut tebal aja, lumayan hangat :)

Yang jelas saya kangen sama suhu kamar yang lama.


14 comments:

  1. haduh klo dinginnya berlebihan & imitasi gt saya suka menderita & ga bs tdr.. ga kuat, sakit kpala & hidung meler.. *orang kampung hihihi*

    ReplyDelete
  2. hemmm,,,knp ya mak? kok bisa ya sampe sedingin itu...

    ReplyDelete
  3. Di kota saya panas banget Mak, namanya juga kota minyak. Jadi AC nyala buat Wilda tidur siang sama malam, tapi 25 derajat saja biar gak terlalu dingin.
    Tapi 30 derajat kok ya masih dingin hmmm... mudah2an gak melonjak di tagihan listriknya ya Mak...

    saya tiba2 membayangkan Mak Myra dengan kostum lengkapnya hihihi...

    ReplyDelete
  4. Hm....enggak pake AC dingin juga Mak..musim hujan *

    Panggil lagi tukang AC nya Mak, cari tahu kenapa? hehee...sekalian pas bersihin AC getuuuh

    Salam
    Astin

    ReplyDelete
  5. Waa...emang berapa peka acnya mak?

    ReplyDelete
  6. freon'a bocor kali mba, coba cek setiap bulan
    kalau aku pribadi, tinggal di daerah dataran tinggi di Jakarta, jadi kalau malam dingin kaya Bogor jadi kagak usah pakai AC + Kipas :)

    ReplyDelete
  7. Efek diutak-atik malah ngga bagus deh kayaknya :(

    ReplyDelete
  8. janga-jangan display suhu dengan suhu sesungguhnya nggak sinkron Mak....
    Untung tinggal di Cimahi, jadi masih merasakan dingin sesungguhnya, tapi kalo dingin asli mantap mah ke atas, ke tempatnya Teh Dey tuh....

    ReplyDelete
  9. mungkin ganti freeon mbak...
    disini juga panas,kemarin waktu panggil tukang ac buat bersihin orangnya bilang mau cek freeon, katanya kalo freeonnya habis bisa ga dingin,jadi harus ganti gitu..

    aku juga ga ngerti per-ac-an sih.. waktu dicek masih bagus,ga jadi ganti deh..

    ReplyDelete
  10. sama kaya AC kamar pascal tuh, disetel 25 masih dingin juga padahal itu udah mentok

    ReplyDelete
  11. kostum bobok kita sama dong Chie.., biar panas aku tetap harus pakai sesuatu untuk nutupin kaki..,kain tipis aja
    nggak enak tidurnya kalau kakinya terbuka

    ReplyDelete
  12. di residence sini AC tersedia 24 jam.. aku malah nyalain kalo siang aja.
    kalo malam mah ngga deh, biar panas banget juga.. paling pintu ke balkon dibuka dikit, biarlah nyamuk pada hepi karena badannya ga kuat

    emang ga ditakdirkan bertahan di 4 musim :)

    ReplyDelete
  13. Wah, itu sih boboknya kayak di pegunungan donk mba, pakai sweeter dan kaos kaki.. hehehehe

    kalo saya nggak pakai AC, soalnya listriknya sudah melonjak banget krn pakai freezer. Jadi kalo tidur jarang banget pake kipas, kalopun panas bgt, pake kipas tapi yg kecil bgt, itupun ditambah pake selimut.. hihihihihi..
    daya tahan tubuh seseorang emang beda-beda ya mbak.. yang penting nyaman kan ;)

    ReplyDelete

Adv

Related Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...